Syarat & Prosedur membuat PASPOR
UMUM
1.
Permohonan Paspor biasa dapat diajukan oleh warga negara Indonesia baik
di wilayah Indonesia maupun di luar wilayah Indonesia.
2. Paspor biasa terdiri atas Paspor biasa elektronik (e-paspor) dan Paspor biasa non elektronik.
3. Paspor biasa diterbitkan dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian.
4. Permohonan Paspor biasa dapat diajukan secara manual atau elektronik dengan melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan.
PERSYARATAN
a. Kartu tanda penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri;
b. Kartu keluarga;
c. Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis;
(dalam dokumen harus tercantum nama, tempat dan tanggal lahir, nama
orang tua, jika tidak tercantum, pemohon dapat melampirkan surat
keterangan dari instansi yang berwenang);
d. Surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui atau penyampaian untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan;
e. Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama.
PROSEDUR
Pendaftaran melalui aplikasi Antrian Paspor Online
(dapat diunduh App Store/Google Play)
Permohonan secara manual:
1. Pemohon mengisi aplikasi data yang disediakan pada loket permohonan dan melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan;
2. Pejabat Imigrasi yang ditunjuk memeriksa dokumen kelengkapan persyaratan;
3.
setelah kelengkapan persyaratan yang telah dinyatakan lengkap, Pejabat
Imigrasi yang ditunjuk memberikan tanda terima permohonan dan kode
pembayaran;
4.
Dalam hal dokumen kelengkapan persyaratan dinyatakan belum lengkap,
Pejabat Imigrasi yang ditunjuk mengembalikan dokumen permohonan dan
permohonan dianggap ditarik kembali.
Permohonan secara elektronik:
1. Pemohon mengisi aplikasi data yang tersedia pada laman resmi Direktorat Jenderal Imigrasi;
2.
Dokumen kelengkapan persyaratan harus disertakan dengan cara memindai
dokumen kelengkapan persyaratan dan dikirimkan melalui surat elektronik;
3.
Pemohon yang telah mengisi aplikasi data akan memperoleh tanda terima
permohonan dan harus dicetak sebagai tanda bukti permohonan;
4.
Permohonan yang telah diperiksa dan memenuhi persyaratan diberikan kode
pembayaran melalui pesan singkat dan/atau surat elektronik.
MEKANISME PENERBITAN
a. pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan persyaratan;
b. pembayaran biaya Paspor;
c. pengambilan foto dan sidik jari;
d. wawancara;
e. verifikasi;
f. adjudikasi.
BIAYA
1. Paspor biasa 48 halaman Rp350.000
2. Paspor biasa 48 halaman elektronik Rp650.000
3. Layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama Rp1.000.000 (layanan percepatan di luar biaya penerbitan Paspor).
Download Aplikasi Layanan Paspor Online
Komentar
Posting Komentar